Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kunker Menteri KKP ke Toraja Utara, 10 Kelompok Budidaya Ikan Terima Bantuan Benih Ikan

Minggu, 20 Juni 2021 | 20:07 WIB Last Updated 2021-06-20T13:07:12Z

Foto Diskominfo Toraja Utara


TORAJA UTARA - Kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ir.Sakti Wahyu Trenggono, di Balai Benih Ikan( BBI) Kantor Dinas Perikanan Toraja Utara, bersama Rombongan, pada Sabtu (19/6/2021) langsung disambut oleh Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong bersama Dandim 1414/Tator, di Bandara Udara Toraja, Minggu (20/6/2021).


Usai disambut di Bandara Udara Toraja, rombongan menuju ke Balai Benih Ikan di Dinas Perikanan kabupaten Toraja Utara dan di terima langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang. 


Bupati Torut dalam sambutannya mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi masyarakat Toraja Utara atas kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk melihat langsung kondisi ril Toraja Utara.

 

"Kondisi Kolam - kolam kami mungkin akan mendapat sentuhan untuk direhab, dan bapak menteri sudah mengatakan siap, tempat ini sebagai tempat pesemaian ikan yang tentu akan membuat masyarakat akan lebih semangat untuk mengembangkan ikan", ucap Yohanis Bassang. 


Dan hasilnya dapat dibagi kepada seluruh masyarakat, yang intinya sebagai salah satu potensi PAD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambahnya. 


Di kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa Toraja Utara adalah karunia dari Tuhan yang didalamnya ada unsur- unsur adat yang masih lestari, tingkat kesejahteraan masyarakatnya bagus karena didukung alam yang mengandung nilai ekonomi tinggi untuk pariwisata.


"Balai Benih Ikan yang ada, kiranya ikan yang kecil-kecil ini bisa menjadi trikers, bila budidayanya berhasil maka masyarakat akan mulai suka makan ikan sebagai sumber protein Omega 3 untuk pembentukan otak", tutur Menteri Sakti Wahyu Trenggono. 


Lanjut kata Menteri jika saat ini kita akan membantu sejumlah besar bibit ikan nila dari balai. Model tambak ikan Nila/ ikan Mas kiranya dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ikan yang didukung oleh pakan, dan dapat berkontribusi juga untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat. 


Dalam kunjungan kerja itu juga, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan Benih Ikan Nila sebanyak 500 000 ekor calon induk ikan Nila dari BBI air tawar Tatelu Manado kepada 10 kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Toraja Utara.


Turut hadir dalam kunjungan tersebut; Plt.Direktur Jendral Perikanan Budidaya ikan T B CHaeru, wakil Bupati Toraja Utara dan Tana Toraja, Sekretaris Daerah Drs.Rede Roni Bare, Protokol kementerian , Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma, Wakil Ketua DPRD Toraja Utara Calvin Para'pak T, Plt. Kepala Dinas Perikanan Drs.Johny Parubak, Bupati Sorong Selatan, para Kepala OPD, kepala Bagian Setda /Tupim.

(SL) 

×
Berita Terbaru Update