Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ganip Warsito: Penegakan Disiplin Prokes dari Tingkat Mikro Hingga Pemerintah Daerah

Selasa, 08 Juni 2021 | 20:27 WIB Last Updated 2021-06-08T13:27:42Z


TORAJA UTARA - Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menyampaikan pihaknya akan fokus untuk melakukan pembenahan dalam implementasi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi COVID-19, Selasa (8/6/2021).


Hal tersebut disampaikan Ganip Warsito, kemarin Senin (7/6/2021) dalam konferensi persnya bersama Panglima TNI, Kapolri, Menteri Kesehatan RI, dan Menko Perekonomian, usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo.


Dilansir dari  https://setkab.go.id/ganip-warsito-satgas-covid-19-terus-optimalkan-fungsi-posko-ppkm-mikro, Warsito mengungkapkan bahwa akan fokus pada pembenahan perbaikan manajemen di lapangan. 


“Fokus pada pembenahan perbaikan manajemen di lapangan, yang saya maksud di sini adalah mulai dari hulu sampai dengan hilirnya. Kita akan benahi manajemen yang ada di PPKM Mikro, khususnya terkait dengan fungsi dari posko PPKM Mikro,” ungkap Ganip Warsito. 


Fungsi posko PPKM Mikro, kata Warsito bahwa pihaknya akan mengoptimalkan empat aspek yang ada yaitu pencegahan, penindakan atau penanganan, dan pembinaan, serta aspek dukungan. 


“Posko atau fungsi posko PPKM Mikro ini akan terus kita berdayakan, kita optimalkan, paling tidak untuk melakukan tugasnya memonitor dan mengevaluasi data kasus daerah dan menyusun strategi penanganannya,” kata Warsito. 


Belajar dari kasus yang terjadi di Kudus dan 5 kabupaten lainnya, dia menekankan pentingnya untuk memperhatikan parameter penanganan COVID-19 seperti tingkat kasus aktif, kesembuhan, kematian, dan tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) serta mobilitas penduduk. 


“Betul-betul harus bisa dimonitor dan dievaluasi. Saya selaku Ketua Satgas COVID-19 akan fokus di lapangan, di mana daerah yang BOR [bed occupancy rate]-nya nanti akan meningkat dan memiliki spesifikasi khusus kita akan intervensi berkoordinasi dengan kementerian terkait, TNI-Polri, dan pemerintah daerah,” pungkasnya. 


Selain itu, Ganip juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan upaya pemeriksaan (testing), penelusuran (tracing), serta  penegakan disiplin protokol kesehatan dengan melakukan pendampingan dari tingkat mikro hingga pemerintah daerah, penambahan personel baik untuk penegakan disiplin protokol kesehatan maupun mendukung tenaga kesehatan, serta memberikan dukungan sarana dan prasarana. 


“Strategi berikutnya, kita mengefektifkan lagi tentang kolaborasi pentahelix, terutama yang terkait dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, karena spesifikasi daerah kita ketokohan seseorang ini yang menjadi penentu dalam konteks nanti untuk edukasi dan sosialisasi terhadap disiplin protokol kesehatan ini,” tutur Ganip Warsito. 


Untuk itu Ganip menekankan, pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan, dan kementerian terkait lainnya akan terus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam rangka menekan lonjakan kasus COVID-19.


Simak video konferensi pers berikut ini, https://youtu.be/nTXxwmvycaI


(SL) 





×
Berita Terbaru Update